5 Jenis Kue Khas Hari Raya Terhitz – No.3 bikin kaget

Jajanan di Indonesia memang sangat beragam, salah satunya kue. Kue juga memiliki banyak varian, ada kue tradisional, kue modern, ada pula kue tradisional yang dimodifikasi menjadi kue modern. Nah berikut ini adalah 5 deretan ku-kue terhit saat ini diantaranya ada :

  1. Nastar

Nastar adalah kue kering dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur yang diisi dengan selai nanas, cokelat, maupun rasa lainnya.
Nastar merupakan kue yang sangat banyak digemari masyarakat dan wajib ada pada saat momen Lebaran tiba. Selain itu kue nastar juga memiliki cita rasa khas yang biasa dibuat oleh para wanita pada umumnya.
Nastar juga dibuat dengan selai buah lain, misalnya stroberi, cokelat, bluberi, kurma dan lain-lain. Nastar biasanya dihidangkan pada hari-hari raya, mulai dari Natal, Idulfitri, hingga tahun baru Imlek.
Nastar biasanya dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan swalayan, atau pun toko daring. Kue nastar kini sudah berkembang dengan berbagai resep nastar yang bervariasi.
Kue nastar ini biasa disajikan untuk menyambut tamu, maupun keluarga yang berkunjung ke rumah.

2. Kastangel
Kastangel atau disebut Kaasstengels (bahasa Belanda kaas, keju; stengel, batang) adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.
Kue ini berbentuk persegi panjang, panjangnya sekitar 3–4 cm dan lebarnya 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan.
kue kastangel biasa menjadi andalan di hari raya Idul Fitri, hari natal dan hari besar lainnya. Bersama kue kering lebaran lainnya seperti nastar dan putri salju, kastengel selalu tersaji di toples-toples kaca di rumah-rumah yang sudah siap menyambut hari raya.
Kue kastengel ini bisa dibuat berdasarkan Jenis keju yang digunakan tergantung pada resep dan selera orang yang membuat, bisa berupa keju Gouda, Edam, atau keju cheddar. Keju Parmesan juga sering digunakan agar kue lebih harum.
Biasanya kue kastangel ini sering dijual ditoko swalayan, toko kue dan toko oleh-oleh.

  1. Kurma coklat
    Kurma coklat adalah camilan kue dari adonan buah kurma dengan coklat. Camilan kue ini sangat diminati para penggemarnya dan biasa disajikan di hari raya idul Fitri dan hari raya idul adha bersama dengan keluarga atau dibisa dijadikan sebagai bingkisan oleh-oleh.
    Kurma coklat ini juga bisa dibuat dengan berbagai macam jenis dan kurma coklat juga memiliki ciri khas rasa yang berbeda tergantung pada resep dan selera orang yang membuat. Diindonesia banyak sekali jenis buah kurma yang dapat digunakan untuk membuat kurma coklat. Selain itu kurma coklat pada umumnya memiliki rasa manis dan legit saat dinikmati.
  1. Kue Kacang tanah
    Kue kacang adalah sejenis kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dengan berbagai macam bentuk, seperti bentuk bulat, hati, ataupun bulan sabit. Kue kacang tanah dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula halus, minyak goreng, dan bahan dasarnya kacang tanah yang telah dikupas kulitnya dan kemudian dipanggang di dalam oven hingga matang.
    Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar kue kacang tidak gagal. Rasa kue kacang sedikit gurih dan tidak terlalu manis.
  1. Sagu Keju
    Sagu keju adalah kue kering klasik berbahan dasar tepung sagu dan keju. Kue kering ini punya cita rasa gurih karena memakai santan sebagai bahannya. Aromanya harum berkat penggunaan keju yang cukup banyak. Selain nastar, kamu dapat membuat kue sagu keju untuk suguhan saat Lebaran nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *